Jumat, 25 Oktober 2013

Jangan Tulis Kami Teroris by Linda Christanty



Penulis | Linda Christanty
Penerbit | KPG
Tahun Terbit | 2011 
Halaman | 147
ISBN | 9789799103505

"Setelah dari Jawa menuju Atjeh, dalam kumpulan tulisan ini Linda bertolak dari Aceh menuju kawasan yang lebih luas, yaitu Asia Tenggara. Dia mewawancarai berbagai macam kalangan, mulai dari anggota Forum Pembela Islam (FPI) dan Tokoh Gerakan Aceh Merdeka (GAM), hingga warga dari berbagai kalangan di Malaysia, Patani-Thailand Selatan dan Kamboja. Semua tempat, pengalaman dan reportase penulis membuka kesadaran kita bahwa ketidakadilan dan kesewenag-wenangan bisa terjadi dengan mengatasnamakan apa saja: suku, bangsa, agama, komunisme, nasionalisme bahkan demokrasi. Buah pemikiran Linda yang kritis dan mendalam juga menegaskan, orang-orang yang merasa terancam nyatanya juga menyatukan diri dalam identitas tunggal seperti penindas mereka. Buku ini menyuguhkan suatu jurnalisme yang kritis dan berani dengan narasi memikat-suatu pencapaian yang makin sayup dalam gemuruh media dewasa ini." 


........oOo........

Buku ini berisi tentang kumpulan catatan perjalanan jusnalime mbak Linda Christanty ke beberapa daerah di Indonesia dan beberapa negara.

Jujur selain karena saya penggemarnya mbak Linda, hal yang menarik perhatian saya adalah judul buku ini yang ada embel-embel terorisnya. Saya yang memang memang lahir dan besar di Aceh tentu saja penasaran dengan apa yang tersirat dari buku ini. Ternyata mbak Linda tidak hanya mengulik tentang terorisme di Aceh saja, tapi meluas juga ke negara tetangga, Thailand dan Kamboja.

Lagi-lagi, dengan membaca tulisan mbak Linda kita dibukakan mata dan hati tentang permasalahan sosial di sekitar kita yang terkadang tidak kita lirik sedikit pun.

Mari membaca :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar