Minggu, 20 Oktober 2013

Meraba Indonesia by Ahmad Yunus




Penulis | Ahmad Yunus

Penerbit | Serambi

Tahun Terbit | 2011
Halaman | 372
ISBN | 9789790242852



"Selama hampir setahun, dua wartawan kawakan, Farid Gaban dan Ahmad Yunus, mengelilingi Indonesia. Mereka menyebut perjalanan ini sebagai Ekspedisi Zamrud Khatulistiwa. Dengan mengendarai sepeda motor win 100 cc bekas yang dimodifikasi, mereka mengunjungi pulau-pulau terluar dan daerah-daerah bersejarah di Nusantara. Dari Sabang sampai Merauke, Dari Miangas hingga Pulau Rote. Ratusan orang telah mereka wawancarai; ratusan tempat telah mereka singgahi.


Tujuan utama ekpedisi ini adalah mengagumi dan menyelami Indonesia sebagai negeri bahari. Di atas semua itu, mencatat keseharian masyarakat yang mereka lewati. Mencatat dari dekat.



Dan, inilah catatan Ahmad Yunus. Dengan pandangan khas anak muda, Yunus menuturkan peristiwa di berbagai tempat yang dia kunjungi dan menjahitnya dengan data-data sejarah. Baginya, perjalanan ini adalah bagian dari upayanya untuk menjawab pertanyaan pribadinya tentang Indonesia. Selain itu, buku ini juga usahanya untuk menulis sejarah masyarakat yang selama ini terlupakan, baik oleh pemerintah maupun arus media utama.



Gaya penulisan jurnalisme sastrawi membuat buku ini mengalir lancar. Dan akrab. Membacanya seakan menyimak dengan khidmat manisnya per-sahabatan warga Nusantara dan keindahan daerah-daerah di luar Jawa. Juga kegetiran mereka. Semua itu saling berkelindan dan sambung-menyambung menjadi satu: sasakala Indonesia.  



Dilengkapi 50 foto jepretan Farid Gaban dan film dokumenter besutan Ahmad Yunus dan Dhandy Dwi Laksono, buku ini menyodorkan realitas terkini tentang Indonesia dan mengajak kita untuk mencintainya dengan sederhana. 

............

Buku ini menceritakan tentang catatan perjalanan Ahmad Yunus bersama Farid Gaban mengelilingi Indonesia. Dengan membaca buku ini, kita semacam benar-benar dibawa berkeliling Indonesia tanpa harus mengelilingi Indonesia dalam arti yang sebenarnya. Gaya bahasa yang dipakai 0leh penulis juga mudah dicerna dan mudah untuk kita membayangkan secara visual apa yang diceritakan oleh penulis.

Covernya yang menampilkan sebuah sepeda motor cocok sekali dengan catatan perjalanan ini. Karena memang dalam perjalanannya penulis memang menggunakan sepeda motor. Dari buku ini juga kita bisa melihat Indonesia lebih dekat lagi. Mulai dari masalah budaya, ekonomi masyarakat di daerah, masalah transportasi secara umum di Indonesia, permasalahan apa saja yang sering terjadi di daerah perbatasan, dan masih banyak lagi.

Membaca buku ini bikin mata terbuka lebar dan merasa bangga menjadi orang Indonesia yang kaya budaya dan sumber daya alamnya. Buat kalian yang ingin berkeliling Indonesia, buku yang satu ini wajib menjadi referensi kalian nih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar