Kamis, 24 Oktober 2013

Rahasia Selma by Linda Christanty



Penulis | Linda Christanty
Penerbit | Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit | 2010
Halaman | 121
ISBN | 9789792256567 


"Setelah Kuda Terbang Mario Pinto karya Linda Christanty meraih Khatulistiwa Literary Award 2004 untuk kategori buku fiksi Indonesia terbaik, kini Linda kembali lagi dengan cerita-ceritanya tentang dunia hari ini dalam Rahasia Selma. Rahasia-rahasia orang yang melawan ketidakadilan, trauma, doktrin, mitos, kesunyian, atau bahkan apa yang mereka sendiri tidak tahu. Cerita-cerita ini meluaskan pandangan kita tentang manusia dan kemanusiaan, sampai ke batas-batas terjauh yang dimungkinkan. "



...........oOo............

Buku ini merupakan kumpulan cerita pendek karya Linda Christanty. Ada 11 cerita pendek yang terdapat di dalam buku ini, Rahasia Selma adalah salah satunya. Rahasia Selma sendiri bercerita tentang Selma, gadis kecil yang merasa kesepian dan memiliki rasa ingin tahu terhadap dunia luar. Kemudian Selma melakukan perjalanan ke dunia luarnya tanpa sepengetahuan siapapun, termasuk ibunya. Suatu hari, ibunya memberikannya kura-kura untuk dipelihara, sejak itu Selma tidak merasa kesepian lagi.

Cerpen-cerpen Linda Christanty lebih bersifat deskriptif sehingga tidak terlalu monoton pada dialog. Bahasa yang digunakan pun sangat sastra sekali. Pertama kali melihat buku ini, saya sangat tertarik pada gambar sampulnya. Awalnya saya mengira dari sampulnya yang colour full buku ini lebih dominan berisi tentang cerita yang ceria. Tetapi justru, cerpen-cerpennya didominasi dengan cerita tentang kesedihan dan kesepian. Walau begitu, buku inilah justru yang membuat saya jatuh cinta pada gaya menulis mbak Linda.  

Tidak mudah mendeskripsikan suatu kejadian, hal dan perasaan seperti yang ditulis mbak Linda. Hal-hal yang diangkat mbak Linda juga lebih mengarah pada masalah-masalah sosial yang keseringan tidak terlalu kita hiraukan. Tapi ya siap-siap berkelam-kelam ria ya sama cerita-ceritanya dan satu lagi, siap-siap ketemu sama kata-kata baru ya, atau mungkin kamu malah butuh kamus, hehehe...

Buat pecinta sastra dan lagi belajar membuat cerita deskriptif, buku ini cocok buat kalian.
Mari membaca :)


3 komentar: