Senin, 21 Oktober 2013

Tutur Gayo by Yusradi Usman al-Gayoni


Penulis | Yusradi Usman al-Gayoni
Penerbit | Mahara Publishing
Tahun Terbit | 2012
Halaman | 84
ISBN | 9786021808



"Buku ini berisi tentang pengertian, faktor sosio-kultural munculnya, klasifikasi, pembagian, fungsi, kurangnya penggunaan, dan adanya bentuk (variasi) tutur baru. Sebab, dalam perkembangan kekinian masyarakat Gayo, tutur kurang dikenal. Bahkan, ada kecenderungan mulai ditinggalkan."


.....oOo.....

Buku ini berisi tentang tutur dalam masyarakat Gayo. Gayo adalah nama sebuah suku di Aceh Tengah. Seperti suku-suku pada umumnya, suku Gayo juga memiliki tutur dalam  kebudayaannya. Selain berisi tentang penjelasan serta daftar tutur yang umum digunakan dalam suku Gayo, buku ini juga berisi tentang penjelasan sebab-sebab lunturnya pengunaan tutur pada masyarakat Gayo. 

Buku ini menurut saya sangat membantu sekali bagi anak-anak muda Gayo yang sekarang sudah kurang menggunakan tutur dalam kehidupan sehari-hari. Karena menurut buku ini, penggunaan tutur dalam masyarakat Gayo sendiri sudah sangat luntur. Oleh karena itu, salah satu tujuan penulis menulis buku ini adalah untuk tetap melestarikan penggunaan tutur dalam bermasyarakat.

Buku ini juga memiliki jilid keduanya yang tentu saja lebih lengkap dari jilid pertama ini. Pada covernya terlihat juga ukiran kerawang. Kerawang sendiri merupakan motif khas dari masyarakat Gayo itu sendiri. Dari segi tampilan, menurut saya masih seperti semacam artikel, jadi masih kurang menarik perhatian untuk dibaca.  Tetapi untuk pelestarian budaya, tentu buku ini sangat dibutuhkan sekali.


Mari membaca :)

2 komentar:

  1. kurang sinopsisnya ya, mba cici? trus kalo bisa kolom komen ga dichaptha, mba. susah komen, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih masukannya La, udah di ralat semua :)

      Hapus